SORONG PUNYA BANDARA MODERN



Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan beroperasinya Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, di Papua Barat, Sabtu (30/4), setelah proses pengembangan bandara selama 5 tahun.

Saat ini Bandara DEO memiliki fasilitas bandara modern yang tidak kalah dengan bandara di kota-kota besar di Indonesia.


Pada bagian eksterior terminal penumpang, terlihat bentuk ornamen unik menyerupai buah pinang. Desain arsitektur bandara memang dirancang mencerminkan budaya setempat, yang hingga kini makan buah pinang masih menjadi kebiasaan warga Papua.

Selain itu, bagian interiornya juga telah dipercantik dan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti garbarata dan fixed bridge, baggage handling system, lift terminal, x-ray bagasi dan kabin multi view, walkthrough metal detector dan pembaruan desain interior terminal.
Dengan gedung terminal penumpang yang diperluas hingga 13.700 m2, Bandara DEO dapat menampung 782 penumpang.

Sebagai bandara pengumpan, Bandara DEO melayani penerbangan berjadwal domestik yang dioperasikan oleh beberapa maskapai di antaranya Garuda Indonesia, Sriwijaya Air dan Ekspress.

Selain itu, bandara tersibuk dan terbesar di semenanjung kepala burung Papua ini juga melayani penerbangan perintis yang dioperasikan maskapai Susi Air ke beberapa wilayah sekitar seperti Ayawasi, Inawatan, Teminabuan, dan Waisai. Dengan panjang 2.060 meter dan lebar 45 meter, landas pacu bandara ini dapat didarati pesawat sejenis Boeing seri 737.(X-11)

Sumber : Media Indonesia.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Mantika Template | Fans Page
Copyright © 2011. PT Rush Cargo Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by BDSL Group Published by BDSLcom Template
Proudly powered by Blogger