ANGKASA PURA II TAMBAH FASILITAS KEAMANAN


Setelah desingan peluru dan dentuman bom rakitan pada Kamis lalu (14/1), PT Angkasa Pura II (persero) menambah fasilitas keamanan di bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan pengelola bandara itu menambah fasilitas keamanan, antara lain x-ray, walk through metal detector, handheld metal detector, explosive trace detector, roadblock barrier, mirror detector, bomb disposal container, utility vehicle. Selain itu, ada juga utility car yang dilengkapi dengan bomb blanket, kendaraan patroli, dan CCTV.

"AP II mendukung semua fasilitas yang dibutuhkan pihak kepolisian," ujarnya di Jakarta, Selasa (19/1).

AP II juga menetapkan prosedur pengamanan di area publik, antara lain melakukan pemeriksaan acak (random check) terhadap kendaraan yang menuju area curbside di terminal dan yang masuk ke parkir umum, mengarahkan kendaraan untuk parkir di area parkir, pengawasan dengan CCTV dan pemeriksaan melibatkan unit K-9.

"Untuk random check frekuensinya di tambah," ujar Budi.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meminta Kementerian Perhubungan dan BUMN transportasi melakukan peningkatan keamanan di semua fasilitas transportasi publik.

Adapun prasarana transportasi publik yang dimaksud lanjut dia antara lain prasarana seperti bandar udara, pelabuhan, serta stasiun KA.

Sebab prasarana ini, tegas Menhub, merupakan objek vital, sekaligus tempat berkumpul banyak orang. Begitu juga dengan sarana transportasi publik seperti pesawat udara, kapal laut, dan kereta api.

"Oleh karenanya harus dipastikan keamanan fasilitas transportasi publik dari ancaman apa pun, terutama ancaman teror yang selalu menyasar tempat-tempat konsentrasi massa," tegasnya.

Ia menambahkan peningkatan kewaspadaan dilaksanakan semua unsur yang terlibat dalam pengamanan fasilitas transportasi publik. Baik oleh organ pengamanan internal maupun oleh aparat kepolisian dan TNI yang diperbantukan. (OL-3)

Penulis: Wibowo/MI
MEDIAINDONESIA.COM
Share this article :
 
Support : Creating Website | Mantika Template | Fans Page
Copyright © 2011. PT Rush Cargo Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by BDSL Group Published by BDSLcom Template
Proudly powered by Blogger