PELAYANAN BANDARA SAM RATULANGI TERUS DITINGKATKAN



Pelayanan Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara terus ditingkatkan. Berbagai pembenahan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas salah satu bandara udara terbesar di kawasan Indonesia timur tersebut.

Salah satunya dengan memperpanjang landas pacu (runway) dari 2.650 meter menjadi 2.800 meter. Selain itu, luas area terminal juga akan ditingkatkan menjadi 4.000 meter persegi. Jumlah garbarata (gerbang menuju pesawat) juga ditambah menjadi lima buah.

Airport Operations and Readiness Department Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Sugito mengatakan peningkatan fasilitas dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Sulawesi Utara.

"Tahun ini runway Sam Ratulangi akan ditambag menjadi 2.800 meter. Runway yang panjang akan membuat pesawat Airbus tipe A 350 yang berkapasitas sekitar 400 penumpang bisa mendarat. Ini pasti akan berdampak pada peningkatan jumlah penerbangan domestik maupun internasional,” ungkap Sugito, Rabu (27/4).

Selain itu, jelas Sugito, untuk makin memberikan kenyamanan kepada para penumpang, pada 2016 Bandara Sam Ratulangi juga akan diperluas. Akan ada perluasan ke arah cargo. Interiorpun akan dipercantik dengan rancangan yang disesuaikan dengan nuansa khas Sulawesi Utara.

"Rencana perluasan bandara masih ada di master plan. Masih dikaji. Tapi prinsipnya memberi kenyamanan pada wisatawan. Kita akan bangun di lantai satu dan dua, serta pemanfaatan lantai tiga untuk lounge,” ujarnya.

Bila ini terealisasi, Sugito yakin, Sulawesi Utara akan semakin popular di mata wisman. Hal yang sangat wajar mengingat Sulwesi Utara punya akses, atraksi, serta amenitas (dukungan fasilitas) wisata yang bagus.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulawesi Utara Happy Korah mengatakan Bandara Sam Ratulangi merupakan gerbang utama wisata Sulawesi Utara.

"Inilah pintu masuk wisatawan yang ingin berwisata ke Bunaken, Bukit Kasih Kanonang, Pulau Siladen, Bukit Doa Tomohon, Danau Linow, Pulau Lihaga, Waruga, Pantai Lakban, Gunung Api Mahangetang hingga Taman Nasional Tangkoko," jelasnya. (RO/OL-2)

Sumber : Media Indonesia.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Mantika Template | Fans Page
Copyright © 2011. PT Rush Cargo Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by BDSL Group Published by BDSLcom Template
Proudly powered by Blogger