BANDARA PULAU BAWEAN DIRESMIKAN




Propinsi Jawa Timur memiliki tujuh bandara komersial seiring dengan peresmian Bandara perintis Harun Thohir di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Bandara Harun Thohir adalah salah satu bandara perintis di Jatim yang akan diresmikan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dan beroperasi secara komersial pada hari ini.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Surabaya, kemarin, mengatakan pengoperasian bandara perintis Harun Thohir akan meningkatkan perekonomian sekaligus berimbas pada kesejahteraan masyarakat.

“Dampak perekonomian dijamin akan meningkat dan pendapatan naik. Jangan kaget akan banyak orang kaya baru di sana,” ujarnya.

Bandara Harun Thohir akan menambah jumlah bandar udara yang telah ada di Jatim, yakni Bandara Internasional Juanda Surabaya (Sidoarjo), Bandara Internasional Abdul Rachman Saleh (Malang), Bandara perintis Blimbingsari (Banyuwangi), Bandara perintis Notohadinegoro (Jember), Bandara Iswahyudi (Madiun), dan Bandara Trunojoyo (Sumenep).

Pulau Bawean ialah salah satu dari 229 pulau yang tersebar di Jawa Timur. Lokasinya berada di 150 km sebelah utara Pulau Jawa. Secara administratif, Pulau Bawean termasuk ke dalam Kabupaten Gresik.

Soekarwo menambahkan, selama ini akses ke Pulau Bawean hanya melalui jalur laut. “Itu pun kalau ombak besar tidak bisa melintas. Tentu saja dengan semakin mudahnya akses transportasi, akan banyak pebisnis dan wisatawan yang masuk,” ucapnya.

Kepala Bagian Humas Pemkab Gresik Suyono menambahkan, uji coba yang dilakukan pada Kamis (28/1) di Bandara Harun Thohir yang berlokasi di Desa Tanjungori Kecamatan Tambak, Bawean, dilakukan maskapai PT Airfast Indonesia dengan menggunakan pesawat berpenumpang 12 orang dari Bandara Juanda Surabaya dan mendarat dengan sempurna.

Legal And Communications PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Juanda Surabaya Liza Anindya mengatakan maskapai Airfast sudah mendapatkan slot penerbangan yang melayani rute SumenepSurabaya, Surabaya-Bawean, BaweanSurabaya, Surabaya-Karimunjawa, dan Karimunjawa-Semarang, sedangkan rute yang saat ini sudah berjalan baru Surabaya-Banyuwangi. 

“Kami berharap dengan rute baru penerbangan perintis mampu memberikan pilihan pelayanan penerbangan terhadap penumpang,” tuturnya Arsitek internasional Adapun di Jawa Barat, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar memastikan Gedung Kesenian Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan dibangun di daerah Cikutra, Kota Bandung, akan didesain oleh arsitek kelas internasional asal Inggris, Zaha Hadid.

“Kesediaan Zaha Hadid ini ternyata sudah diusahakan oleh Kang Ridwan Kamil sejak lama, dan hari ini timnya (Zaha Hadid) khusus datang untuk membahas desain Gedung Kesenian Cikutra,“ ujar Deddy seusai bertemu dengan Zaha Hadid dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di Bandung Command Center (BCC) Balai Kota Kota Bandung.

Desain bangunan gedung kesenian nanti pun akan terinspirasi dan disesuaikan dengan kekhasan Jawa Barat.

Ridwan Kamil menambahkan, pemprov tidak perlu mengeluarkan anggaran khusus untuk membayar desain Zaha Hadid. “Desain Zaha Hadid dibayar oleh pihak investor. Lalu, hasil desain keren itu dihibahkan ke pemprov,“ tambah kata Ridwan.

Gedung Kesenian Cikutra akan dibangun di atas lahan seluas 4 hektare, 2 hektare di antaranya akan digunakan untuk gedung kesenian dan selebihnya untuk area komersial seperti mal atau hotel. (AM/SB/EM/ Ant/N-2) MI
Share this article :
 
Support : Creating Website | Mantika Template | Fans Page
Copyright © 2011. PT Rush Cargo Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by BDSL Group Published by BDSLcom Template
Proudly powered by Blogger