IDM BERI CATATAN KHUSUS LAYANAN REGULATED AGENT BANDARA








Indonesia Development Monitoring (IDM) melakukan survei tentang pelayanan penumpang, jasa penerbangan, jasa pengiriman kargo di Bandara Soekarno Hatta. Survei yang bertema Pengaruh Revolusi Mental di Angkasa Pura terhadap pelayanan penumpang di Bandara Soetta ini digelar pada 29 Oktober sampai 12 November 2015.

Direktur Eksekutif Indonesia Development Monitoring Widodo Tri Sektianto, memberi catatan khusus untuk jasa pengiriman kargo yang mengunakan sistim regulated agent. Dari hasil wawancara dengan penguna, pihaknya mendapati proses Regulated Agent (RA) ini memakan waktu yang lama dan tidak efektif, karena ada RA yang tidak memiliki gudang di Area Bandara. Belum lagi kapasitas yang belum mampu menampung pergerakan sekitar 970 ton per hari.

"Proses Xray selama ini sudah dipegang oleh Avsec Angkasa Pura membutuhkan waktu satu jam, dengan adanya system RA ini membutuhkan waktu sampai tujuh jam, dikarenakan proses Xray yang berada jauh di luar area Bandara. Hal ini menyebabkan menumpuknya paket kiriman di gudang," tambah dia.

Sementara dari sisi keamanan, lokasi RA yang cukup jauh dari Bandara sangat riskan keamanannya baik terkait kargo yang dikirim ataupun rawan ditukarnya jenis kargo yang dikirim dengan kargo yang terlarang oleh Undang Undang seperti Narkoba ataupun bahan peledak.

"IDM menyarankan PT Angkasa Pura 2 untuk bisa menertibkan masalah penumpukan dan pengurusan kargo oleh RA swasta dan mengusulkan pada regulator penerbangan dalam hal ini pemerintah untuk membuat peraturan bahwa Lokasi RA Swasta harus diarea Soekarno Hatta dan punya fasilitas gudang di bandara," pungkasnya.

Survey dilakukan dengan cara pengumpulan data kualitatif dilakukan untuk mengetahui jenis pelayanan apa yang diinginkan oleh pengguna jasa bandar udara Juanda dengan melakukan penyebaran kuisioner dan wawancara terhadap para pelanggan Bandara Soekarno Hatta di bawah pengelolaan PT. Angkasa Pura II.

Sumber : METRONEWS

Share this article :
 
Support : Creating Website | Mantika Template | Fans Page
Copyright © 2011. PT Rush Cargo Nusantara - All Rights Reserved
Template Created by BDSL Group Published by BDSLcom Template
Proudly powered by Blogger